Surat Lamaran Kerja dan Kesalahan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Membuat surat lamaran kerja atau Curriculum Vitae (cv) yang menarik bisa dikatakan sebagai hal yang susah – susah gampang. Surat lamaran kerja yang dibuat dengan sepenuh hati bahkan rela begadang kadang masih saja sulit menembus kriteria yang ditetapkan HRD perusahaan. Wajar memang, sebab setiap perusahaan memiliki kriteria masing – masing dalam mencari karyawan baru.

Agar tidak terulang kembali kisah ‘ditolak’ oleh HRD, mari cari tahu kesalahan fatal yang sering dilakukan dalam menulis surat lamaran kerja atau cv berikut ini.

Salah Ketik

Salah ketik atau typo ini menjadi kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pelamar kerja. Kesalahannya sih simple, tapi sangat fatal. Kesalahan dalam mengetik ini membuat HRD menilai bahwa Anda adalah seorang pemalas. Ya, malas meneliti tulisan – malas membaca kembali surat lamaran kerja yang sudah ditulis.

Bukan hanya itu saja, kesalahan dalam memilih font huruf juga termasuk di dalamnya. Ada pula surat lamaran kerja yang memuat informasi tidak relevan atau informasi basi lainnya. Jelas ini sangat tidak menarik untuk dibaca.

Ringkasan Terlalu Panjang

Saat menulis cv, disarankan untuk menulis informasi pribadi secara singkat dalam bentuk ringkasan. Akan tetapi, masih banyak yang dominan menggunakan gaya bahasa formal dan parahnya lagi banyak yang melakukan pemborosan kata alias terlalu panjang. Perlu Anda ingat ini adalah penulisan cv, bukan buku, jadi jangan terlalu panjang ya. Cukup tulis per-poin agar lebih ringkas dan tidak bertele – tele.

Hindari Terlalu Sering Menggunakan Jargon

Niatnya sih biar dikira cerdas dan ‘wah’, tapi yang ada Anda malah dinilai lebay jika terlalu sering menuliskan pernyataan jargon pada surat lamaran kerja. Kata – kata out of the box, exceptional communicator dan team player tidak seharusnya diulangi berkali – kali. Kalaupun ingin menjelaskan tentang kompetensi Anda, maka jelaskan secara singkat dan ringkas.

Demikian tadi beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan dalam penulisan surat lamaran kerja. Agar bisa menulis cv dengan benar, bertanyalah kepada teman yang sudah berpengalaman. Banyak membaca referensi juga akan membantu Anda dalam memahami kiat menulis cv dengan benar.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *