Berbagai Tanda Akan Melahirkan yang Sudah Dekat

tanda akan melahirkan

Setelah kurang lebih 9 bulan mengandung maka saatnya proses mendebarkan untuk persalinan akan dialami oleh ibu hamil. Pada saat menjelang proses melahirkan ini biasanya ibu hamil akan mengalami berbagai tanda akan melahirkan.

Untuk itu menjadi penting bagi ibu hamil mengetahui apa saja yang menjadi tanda ketika masa melahirkan menjadi semakin dekat.  Dengan mengetahui tandanya maka seorang ibu bisa mempersiapkan dengan baik apa saja yang harus dilakukan jika tanda-tanda tersebut telah datang.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja yang menjadi tanda akan melahirkan berikut ini berbagai tanda yang penting untuk anda ketahui.

  1. Adanya rasa nyeri terutama sekitar selangkangan. Rasa nyeri yang terjadi pada selangkangan ini terjadi karena posisi kepala janin yang turun ke bawah daerah tulang pelvis ibu hamil. Selain itu ibu hamil juga akan sering mengalami buang air kecil karena janin yang menekan kandung kemih. Selain itu rasa nyeri juga terjadi pada bagian panggul dan tulang belakang.
  2. Adanya lendir yang keluar. Lendir yang keluar biasanya merupakan lendir kental yang bercampur darah merah muda. Keluarnya lendir bercampur darah ini bisa menjadi pertanda bahwa proses melahirkan akan segera terjadi.
  3. Adanya kontraksi. Kontraksi yang terjadi pada ibu hamil yang akan melahirkan harus diketahui jenisnya, karena sering juga terjadi kontraksi palsu dengan rasa rasa sakit yang sebentar. Berbeda dengan kontraksi yang sebenarnya dengan rasa sakit yang  sering terutama pada bagian punggung bawah dan bernagsur-angsur turun ke bagian bawah perut. Kontraksi yang semakin cepat terjadi dan terasa semakin menguat dengan rentang waktu yang dekat maka bisa menjadi pertanda proses melahirkan yang sudah dekat.
  4. Air ketuban yang pecah. Pecahnya air ketuban terjadi karena desakan kontraksi dibarengi dengan tekanan kepala bayi pada mulut cervix, dengan tekanan yang terjadi tersebut maka air ketuban menjadi pecah. Dengan pecahnya air ketuban anda akan merasakan seperti semburan atau rembesan air, walaupun untuk pecahnya air ketuban ini juga tidak terasa. Ketika air ketuban pecah sebaiknya anda segera menghubungi dokter kandungan atu bidan karena proses melahirkan akan cepat terjadi.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *